Kamis, 17 Februari 2011

Pelajaran Kemarin

Kemarin, habis solat subuh saya langsung ngacir menuju cipaganti... Tempat duduk sebelah diisi oleh seorang akhwat. Dia menyapa saya dengan, "mba mau kemana? Sunter juga?" tanpa pikir panjang spontan saya menjawab, "iya, wah jangan-jangan sama ya?" Ternyata tujuan kami sama, alhamdulillah,,,, akhirnya ada teman juga dari bandung, dia pun menunjukkan rasa gembiranya karena ada teman seperjuangan :D . Saya lebih seneng lagi pas tau kalo latarbelakang jurusan kita berbeda, berarti bukan saingan, hehe..

Sepanjang perjalanan sampai sebelum masuk ruangan tes dia selalu mengompori saya dengan kata-kata penyemangat. Sempet siy kepikiran ini kan sifat hn dulu, koq sekarang tiba-tiba menguap dan hilang ya?! jangan-jangan semangat itu menguap seiring dengan menguapnya keringat sewaktu berjalan setengah lari dari pool cipaganti menuju tempat kami tes yang jaraknya lumayan di bawah sinar terik matahari Jakarta. :D

Begitu sampai TKP saya merasa semangat atau niat yang tadinya sempet naik-turun diantara 70-90% mendadak ngedrop sampe 50%. Kenapa??? gara-gara 'amazing' ngeliat pabrik yang lebih pabrik dari pabrik tempat saya bekerja dulu :D tapi penasaran juga siy, buktinya begitu tau ngga lulus ke tahap 3 ada rasa kecewa yang terbersit di hati yang terdalam. Alhamdulillah masih inget untuk segera beristighfar.

Pas solat dzuhur di mesjid yang saya lupa namanya tapi tau alamatnya yaitu Jl Lancar, kecamatan lupa :D Kemayoran Jakarta Pusat, saya banyak merenung kira-kira apa ya hikmahnya di balik semua kejadian barusan. Akhirnya inilah yang sementara ini bisa saya simpulkan :
1. Saya ngga terlalu PD gara-gara ngga tau bakalan kayak alias kurang persiapan
2. Saya over PD, nah lho?! soalnya saya yakin kalo kegagalan sebelumnya itu lebih karena tes gambar yang saya kosongin 2 kotak tanpa memberi keterangan pula. Udah gitu satu kotak nyontek ultraman karena kehabisan ide. Dalam hati ada bisikan, "aah, kalo soal psikotes biasa siy insyaAlloh selama ini lancar-lancar aja"
Kayaknya sebab ke-2 ini niy yang paling parah, padahal Dia kan berfirman, ".... tidak akan mencium  bau surga seseorang yang dalam hatinya ada rasa sombong walaupun hanya sebesar biji zaroh."
Astagfirullohal'adziim...
3. Semangat saya ngedrop. Padahal kan, "Alloh sesuai prasangka hambaNya..."
Semua peristiwa masa lalu jadi terlintas, terutama peristiwa dimana saya sangat bersemangat dan berharap bisa diterima saat psikotes masuk Polman, saat pengen masuk Ya***a, pengen diterima di E***n, apalagi pas pengen lulus ujian UI. Semua ujian itu saya lalui dengan banyak berdoa, berharap dan bersemangat untuk berusaha keras. Hasilnya alhamdulillah LULUS.
Tapi di sisi lain, saya ingat waktu ngga PD ikut psikotes W**** bahkan waktu SPMB, dan hasilnya sesuai dugaan. saya ngga berhasil wawancara dan diterima di pilihan ke-2.
Jadi, bener kan memang Dia sesuai prasangka hambaNya, semakin kecil keyakinan kita maka semakin kecil pula peluang keberhasilan kita...

Saya yakin, pasti akan  banyak hikmah lain dari kegagalan kemarin yang belum bisa saya ungkap saat ini. Namun saya berusaha meyakini apa yang terbaik menurut kita belum tentu yang terbaik menurutNya. Selain itu, nanti lagi kalau mau tes PD aja lagi!!! kita kan udah persiapan sambil terus berdoa!!!! Begitu nasihat dari ibuku tercinta,, ;) Semangat!!!

Sedikit tersenyum ketika baca kalimat, "... ada bagusnya juga ngga keterima jadi nanti ngga ditinggal-tinggal" heu... :p aneh, tapi menghibur, hehe.. :$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar